RAJUT 6 KANDIDAT WABUP GORONTALO


Setelah lebih kurang empat bulan lamanya. Tarik ulur penggodokan nama kandidat  Pengganti Antar Waktu (PAW) Wakil Bupati Gorontalo usai sudah. Partai penggusung Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Demokrat sepakat usulkan enam nama kandidat PAW Wabup Gorontalo. Pada minggu malam (29/07). Enam nama PAW Wabup Gorontalo itu dua diantaranya berasal dari kalangan birokrasi. Yakni Nani Mokodongan (Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gorontalo) dan Hadijah U. Tayeb (Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo) Sementara empat lainnya merupakan kader Demokrat. Masing-masing Chamdi Mayang (Aleg Deprov Gorontalo), Arifin Djakani (Aleg Deprov Gorontalo), Ahmad Lihu (Pengurus DPD Demokrat) serta Herman Walangi (Sekretaris DPC Demokrat Kabupaten Gorontalo).

Beberapa nama dari enam nama yang diusulkan tersebut sebelumnya sudah sempat meramalkan bursa penggodokan PAW Wabup. Bahkan mereka sempat menjalani penjaringan yang dilakukan PPP maupun internal Demokrat. Seperti Chamdi Mayang, Arifin Djakani maupun Hadijah U. Tayeb. Karena hadirnya nama-nama baru seperti Nani Mokodongan, Ahmad Lihu maupun Herman Walangadi menjadi ‘Surprise’(Kejutan,red) tersendiri dari hasil penggodokan kandidat PAW Wabup Gorontalo. Disisi lain, kesepakatan PPP dan Demokrat mengusulkan enam nama ke Bupati minggu malam (29/07) memupus langkah sejumlah tokoh, yang sebelumnya diwacanakan dan dinilai layak menduduki posisi kandidat PAW Wabup Gorontalo. Bahkan para tokoh itu sempat masuk dalam penjaringan yang dilakukan PPP maupun internal Domkrat beberapa waktu lalu. Mereka beberapa diantaranya Syharul Botutihe, Erwinsyah Ismail, Hendra Hemeto, Guntur Thalib serta Sahmid Hemu.

Ketua DPC PPP Syam T Ase kepada wartawan menjelaskan, Surat usulan PAW Wabup Gorontalo telah diserahkan ke DPW PPP. Selanjutnya usulan tersebut akan diteruskan DPP PPP.

“ Kami sudah menyepakati enam nama yang diusulkan dan diserahkan ke DPW untuk selanjutnya diteruskan ke DPP”, ungkap Syam.

Bila tak ada aral melintang, direncanakan pengusulan ke DPP PPP dalam waktu satu dua hari kedepan. “ di usulkan ke DPP dalam rangka mendapakan rekomendasi DPP”, kata Syam. Hal senada juga disampaikan Ketua DPD Demokrat Chamdi Mayang. Ia mengatakan, PPP dan Demokrat sudah sepakat enam nama yang diusulkan bersama. Usulan tersebut telah disampaikan ke Bupati. Selanjutnya Bupati Gorontalo akan menentukan.

“Untuk Partai Demokrat sudah kami serahkan ke Bupati pekan kemarin dan siapapun dua nama yang akan dipilih Bupati Gorontalo akan ditindaklanjuti oleh partai penggusung ke DPP masing-masing”, ungkap Chamdi.

Chamdi menambahkan, antara PPP dan partai Demokrat sudah menyepakati enam nama tersebut untuk selanjutnya menanti keputusan Bupati unttuk memilih dua nama.(Wie_Gp-Hms).

Bagikan ke Jejaring Sosial