Minggu, 14 Oktober 2018 20:03:51

TARIK e-KTP BERMASALAH

KOMISI I DPRD Kabupaten Gorontalo merespon beredarnya  Kartu Tanda Penduduk Elektronik ( KTP-el) yang di terbitkan untuk warga yang belum genap 17 tahun. Terkait hal itu, Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menarik kembali KTP-el dan Surat Keterangan (Suket) Perekaman KTP-el yang bermasalah.

Wakil Ketua Komisi I Mansyur Makalaw mengaku kaget atas informasi ini. Apalagi yang mendapatkan suket dan E-KTP ini adalah warga masyarakat di Kecamatan Batudaa, Cs.

“ Saya juga baru tahu dan harus segera ada tindakan yang cepat dari Dinas Dukcapil,” ungkap Mansyur

Mansyur mengakui, dirinya sudah langsung menghubungi Kepala Dinas Capil dan memang sedikitnya ada 50 temuan E-KTP bermasalah tersebut dan saat ini sudah sementara dilakukan penarikan oleh OPD terkait.

“Suket dan E-KTP  yang sudah terlanjur diserahkan dinaskepada masyarakat harus segera ditarik kembali guna menghindari hal – hal yang tidak diinginkan” jelas Aleg dapil Batudaa Cs ini.

Ia meminta kepada Dinas untuk bekerjasama dengan pemerintah kecamatan dan desa untuk mendata kembali warga yang sudah menerima E-KTP dan Suket tetapi belum berusia 17 Tahun dan di harapkan juga kepada KPU,PPK dan PPS untuk bisa memonitoring hal tersebut dan menjadi catatan untuk mereka dalam validasi data saat ini. “Atas masalah tersebut, Dinas Dukcapil memang udah memberhentikan perekaman data serta pencetakan warga yang belum genap 17 tahun dan semoga kedepannya tak ada lagi temuan seperti itu” harap Ketua Nasdem Kabupaten Gorontalo.

COMMENTS