Rabu, 3 April 2019 18:45:55

Ranperda RPIK Siap Paripurna

Setelah melakukan pembahasan  dengan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait serta pembuat naskah akademik, pansus Rencana Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK) melakukan rapat finalisasi senin kemarin di ruang sidang DPRD Kabupaten Gorontalo.

Ketua pansus Husin Panigoro, SE. M.Si menjelaskan, ranperda ini sudah selesai pembahasan dan dalam tahap vitisasi oleh pemerintah provinsi dan dalam waktu dekat ini akan di sahkan melalui rapat paripurna. Memang seperti diketahui, saat ini perkembangan industri di Kabupaten Gorontalo semakn hari semakin maju, sehingga perlu adanya penataan wilayah untuk kawasan industri tersebut dan diatur melalui perda yang tidak lama lagi disahkan. ‘’Perkembangan pembangunan industri di Kabupaten Gorontalo memang terus mengalami peningkatan, sejumlah pabrik dibangun di Kabupaten Gorontalo dan memang belum ada aturan yang mengatur lokasi kawasan pembangunannya, tetapi yang paling banyak dibangun adalah Kecamatan Limboto Barat, Kecamatan Pulubala hingga wilayah Boliyohuto cs,”ungkap Husin.

Dikatakan politisi Golkar ini, sejumlah wilayah tersebut menjadi pilihan pembangunan industri karena di wilayah itu yang masih mempunyai banyak lahan kosong untukn pembangunan pabrik, tetapi semuanya akan ditata agar kawasn industri di kabupaten gorontalo bisa tertata dengan baik dan rapi, dimana ada 3 (tiga) kawasan yang bakal menjadi pusat yakni Kecamatan Pulubala, Asparaga dan Bilato atau dikenal dengan kawasan LAPUTO dengan tiga industri unggulan kita adalah jagung, kelapa dan pisang sementara enam komoditi unggulang yakni industri kelapa, pisang, kerrawang, anyaman dan inilah yang akan dibangun pusat industrinya di Kabupaten Gorontalo.”Tiga kawasan ini memang di gadang-gadang menjadi kawasan pembangunan industri dan ini akan disahkan setelah visitasi ke pemerintah provinsi,” jelas Husin. Lanjut dikatakan Husin, perkembangan pembangunan industri di Kabupaten Gorontalo memang terus mengalami peningkatan.

“Intinya adalah lahan atau kawasannya dlu yang akan kita tentukan dan disingkronkan dengan dampak lingkungan dari pembangunan kawasan industri tersebut dan materinya sudah dibahas dan menyesuaikan dengan hasil fasilitasi dengan pemerintah daerah dan semoga bisa segera diparipurnakan,mengingat ranperda ini sangat dibutuhkan,” jelas aleg 3 (tiga) periode ini dari dapil tibawa cs.

COMMENTS