Kamis, 14 Februari 2019 17:46:07

Program Kerjasama Global Lebih Dioptimalkan

DPRD Apresiasi Kinerja Pemerintah

Keinginan Pemerintah Kabupaten Gorontalo yang bisa bekerjasama bukan saja dengan pusat tetapi juga dengan negara lain pun mulai digagas dan tentunya minta lebih di optimalkan kedepannya.

Ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Sahmid Hemu, SE.,MM mengatakan, jika sebelumnya sudah menggagas kerjasama dengan Ehime Jepang dan kali ini melakukan kerjasama dengan New Zealand yang suratnya sudah masuk di DPRD dan akan ditindaklanjuti oleh DPRD ini mendapatkan apresiasi penuh dari DPRD. “Kerjasama yang dibangun ini merupakan langkah awal bagi Kabupaten Gorontalo untuk selangkah lebih maju lagi, dengan kerjasama ini selain hubungan yang semakin baik, seiring dengan kerjasama yang dilakukan, semoga hubungan ini semakin erat, sehingga membangun komunikasi antara Kabupaten Gorontalo dengan Negara luar ini semakin baik dan pastinya ditahun-tahun mendatang program kerjasama yang dilakukan pun semakin banyak,” ungkap Sahmid. Dikatakannya, untuk kerjasama New Zealand sendiri, sudah ditindaklanjuti oleh DPRD dengan melakukan pembahasannya. Sebagaimana diketahui dasar kerjasama ini adalah pelayanan publik berbasis digital yang tengah digalakkan di dunia internasional dan dikenal sebagai E-Government dalam bingkai digitalisasi era 4.0, dalam penjabarannya telah dimulai di Indonesia seperti E-Monev, Smart City dan lainnya. “Dengan kerjasama ini akan lebih pada transparansi, efektivitas dan efisensi serta kemudahan aksebilitas menjamin percepatan proses pembangunan dan pelayanan publik yang akuntabel dan ini patut kita dukung meskipun perlu melalui kajian yang mendalam dulu dari komisi I yang mempunyai tupoksi terkait dengan hal tersebut,”Jelas Sahmid. Aleg 2 (Dua) Periode ini lanjut mengatakan, adapun ruang lingkup kerjasama ini antara lain adalah digital government, online government atau dalam konteks tertentu disebut transformantional government, itu artinya penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis serta hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan, e-government pun dapat diaplikasikan pada legislative, yudikatif atau administrasi publik. Melakukan kerjasama dengan luar negeri pun sudah merupakan satu langkah yang patut diapresiasi, apalagi dengan disahkannya Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Penanaman Modal dan Kerjasama Global, merupakan satu langkah untuk kerjasama baik dengan daerah lain dan juga dengan Negara lain.

“Kedepannya, semoga bisa lebih memperbanyak kerjasama dengan Negara lainnya dan bukan saja dengan Provinsi Ehime Jepang dan juga New Zealand. “Tetapi kerjasama  dengan negara lainnya, karena dengan banyaknya kerjasama akan memperbanyak investor yang masuk dan menanamkan sahamnya di Kabupaten Gorontalo,’’ harap politisi PDIP dari Daerah Pemilihan (DAPIL) Tibawa Cs.

COMMENTS