Selasa, 12 Februari 2019 18:17:41

Pembangunan Kawasan Industri Bakal Ditata

Paling Penting Memperhatikan Amdal

                Semakin berkembangnya pembangunan sejumlah kawasan industri yang ada di Kabupaten Gorontalo, Pemerintah Kabupaten Gorontalo bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gorontalo bakal membuat rancangan peraturan daerah (Ranperda) rencana pembangunan industri kabupaten (RPIK).

                Ketua Pansus RPIK Husin Panigoro, SE. M.Si mengatakan, perkembangan pembangunan industri di Kabupaten Gorontalo memang terus mengalami peningkatan. “Sejumlah pabrik dibangun di Kabupaten Gorontalo dan memang belum ada aturan yang mengatur lokasi kawasan pembangunannya, tetapi yang paling banyak dibangun adalah Kecamatan Limboto Barat dan Kecamatan Pulubala hingga di Boliyohuto cs,’’ ungkap Husin.

                Dikatakan politisi Golkar ini, sejumlah wilayah tersebut menjadi pilihan pembangunan industri karena di wilayah tersebut yang masih banyak lahan kosong untuk pembangunan pabrik, tetapi akan ditata agar kawasan industri di Kabupaten Gorontalo bisa tertata dengan baik dan rapi.

                “Intinya adalah lahan atau kawasannya dulu yang akan kita tentukan dan disingkronkan dengan dampak lingkungan dari pembangunan kawasan industri tersebut, sehingga dalam rapat pembahasan pansus nanti inilah masalah ini yang akan dibahas bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait,’’ jelas Aleg tiga periode ini.

                Ia berharap, dalam pembahasan nanti akan dikaji lebih mendalam kawasan serta analisis dampak linkungannya yang akan berpengaruh pada lingkungan masyarakat sekitar. “Sehingga butuh kajian mendalam dari sejumlah OPD terkait dalam pembahasan ini akan di agendakan pekan depan, mengingat pekan ini sejumlah OPD  terkait punya agenda lainnya,’’ tandas Aleg Dapil Tibawa-Pulubala ini


              

COMMENTS