Selasa, 4 Februari 2020 08:28:52

Komisi I Perjuangkan Varietas Tanaman Unggulan

Banyaknya bibit pertanian yang diterima oleh para petani dari pemerintah, baik itu bibit padi ataupun jagung saat ini banyak di keluhkan oleh petani. Hal ini membuat DPRD Kabupaten Gorontalo dalam hal ini Komisi I melakukan kunjungan ke Balai Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian Kementrian Pertanian RI.

Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo mengatakan, bahwa dalam kunjungannya bertujuan untuk mempertanyakan varietas apa saja yang cocok di tanam di lahan seperti lahan tadah hujan seperti di Kabupaten Gorontalo. “Jadi kami mempertanyakan varietas yang cocok untuk wilayah Kabupaten Gorontalo, termasuk bibit yang bisa bertahan hidup meskipun dikondisi kekurangan air,”ungkap Politisi dari Partai Demokrat ini. Dikatakannya lagi, dari penjelasan Kepala Balai Erizal Jamal, untuk wilayah Gorontalo pada umumnya dan Kabupaten Gorontalo pada khususnya yang merupakan kawasan tadah hujan, varietas yang cocok adalah varietas Touti dan bibit jagung jangan yang line 3 akan tetapi jagung yang semacam bisi 2. “Itu adalah varietas yang cocok dan yang tidak cocok di lahan Kabupaten Gorontalo,”ungkapnya saat menguraikan penjelasan dari kepala pusat balai.

Lanjut dikatakan, dalam pertemuan tersebut mereka juga mengatakan untuk bibit jagung petani sangat mengharapkan bisi 2 karena untuk pemberian bibit saat ini diakui oleh petani tidak banyak mendapatkan untung, tetapi justru pulang modal atau justru bunting karena harus menombok operasional. “Sehingga kami berharap dari pihak kementrian bisa datang langsung di Kabupaten Gorontalo dan melihat langsung kondisi yang ada di Kabupaten Gorontalo  dan pihak kementrian pun berjanji akan berkunjung,”tandas politisi dari dapil Limboto cs.

COMMENTS