Senin, 13 Juli 2020 11:20:31

BPD Wajib Maksimalkan Pengawasan

Belajar dari pengalaman yang ada, dimana sebagian desa yang tidak menjalankan anggaran desa sesuai dengan ketentuannya akibat masih kurangnya pemahaman pada pemanfaatan Anggaran Desa Dana Desa (ADD), diharapkan di tahun ini pengelolaan ADD harus dikelola dengan baik tentunya juga perlu adanya pengawasan dari Badan Perwakilan Desa (BPD).

Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Gorontalo, Sukarman Humonggio mengatakan, saat ini dana yang dikelola cukup besar yakni sebesar Rp. 1 Milyar lebih tentunya ini butuh pengelolaan yang baik dan benar. “Anggaran inin harus benar-benar dimanfaatkan dan tepat sasaran serta manajemen penggelolaannya pun harus optimal,” jelas Sukarman.

Aleg dari Fraksi PDIP ini menambahkan, dengan anggaran yang begitu besar, BPD harus berperan aktif dalam mengawasi pemanfaatan dan pengelolaan ADD tersebut, karena BPD sebagai mitra desa tentunya BPD berkewajiban memantau dan mengingatkan pada kepala desa dan aparatnya dalam pengelolaan ADD ini.

“Tentunya bila pengelolaannya baik, akan menjauhkan aparat desa dari berbagai masalah yang erat kaitannya dengan penggunaan anggaran ini, walaupun aparat desa sudah diberikan bimbingan terkait pengelolaan ADD tersebut, peran BPD tentunya harus benar-benar dioptimalkan,” harap Aleg dari Boliyohuto cs ini.

COMMENTS